Yesfi Mira Andria

"Menulislah Walau engkau belum tahu apa yang akan engkau tulis" Penulis bernama Yesfi Mira Andria, dan akrab disapa Mira, Penulis dilahirkan di Padang, pada ta...

Selengkapnya
Navigasi Web
Dampak Covid-19, Perjalanan Haji pun Ditunda

Dampak Covid-19, Perjalanan Haji pun Ditunda

#TantanganMenulis Hari ke-26

Keputusan pahit namun insyaallah yang terbaik akhir diambil pemerintah, dengan keluarnya Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 494 Tahun 2020 Tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/Tahun 2020 M, resmi sudah tahun ini tidak ada satupun Warga Negara Indonesia yang akan melaksanakan ibadah haji, karena keputusan ini berlaku tidak hanya bagi haji regular, haji khusus namun juga bagi Jemaah yang memegang visa mujamalah atau furada ( Visa khusus dari Kerajaan Arab Saudi).

Dalam Press Realis Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan, Keputusan ini diambil berdasarkan pertimbangan keselamatan jamaah. Sesuai amanat undang-undang selain mapu secara fisik dan ekonomi, pemerintah juma wajib menjamin keselamtan, Kesehatan dan keamaan jamaah, jelas Menag.

Kemudian keputusan ini juga berdasarkan kajian literal terhadap penyelenggaraan ibadah haji tahun-tahun terdahulu dimana pelaksanaan ibadah haji dimasa pandemi dan wabah mengakibatkan tragedi kemanuasian.

Selain itu hingga saat ini pemerintah Arab Saudi belum membuka akses penyelenggaraan haji. Kalaupun pemerintah Arab Saudi membuka akses dalam waktu dekat ini, tentu persiapan pemberangkatan belum selesai secara maksimal, karena rencana pemberangkatan kloter pertama direncanakan tanggal 26 juni ini, kupasnya lagi.

Lebih lanjut Menag menegaskan bahwa jamaah haji yang telah melunasi Biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) akan menjadi jamaah haji Tahun 1442 H/2021 M.

Dana pelunasan haji akan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengeloaan Keuangan Haji (BPKH) dan nilai manfaat dikembalikan kepada jamaah. Namun dibuka juga peluang bagi jamaah yang ingin menarik dana pelunasan tersebut, ungkap Menag

Pemerintah menyampaikan simpati kepada jamaah yang tertunda keberangkatan karena dampak pandemi Covid-19 ini.

Begitulah adanya keadaan saat ini, semoga para jamaah haji yang terdampak Covid-19 dapat menerima dengan ihlas dan bersabar, karena ini ujian keimanan dan pasti ada hikmah terbaik dari semua kejadian ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin....smoga ada hikmah dibalik smua ini ya bu

03 Jun
Balas

semoga cepat normal kembali

03 Jun
Balas

Pasti.akan ada waktu yang tepat untuk ibadah..semoga kita lebih sabar

04 Jun
Balas



search

New Post